27 Jan 2010

Tips Mematikan & Menyalakan Komputer Lebih Cepat

Tips Mematikan & Menyalakan Komputer Lebih Cepat
Pada saat mematikan komputer, biasanya melalui fasilitas Shutdown atau Turn Off. Melalui Start - Turn Off Computer(Alt+F4). Ada tips yang memungkinkan bisa mematikan dan menyalakan komputer dengan cepat, lebih cepat dari proses booting biasa, Shutdown ataupun Turn Off. Windows XP memiliki sebuah fasilitas yang dinamakan Hibernate. Kita harus mengaktifkannya.
Pada saat komputer bekerja data yang sedang diproses disimpan sementara pada memori. Hibernate adalah teknologi dimana ketika komputer dimatikan data yang ada di memori dipindahkan ke hardisk. Jika komputer dinyalakan kembali maka data yang ada dihardisk dikembalikan lagi ke memori. Efeknya proses menyalakan (booting)dan mematikan komputer menjadi cepat karena komputer tidak mengambil data dari hardisk, melainkan dari memori.
Fungsi lainnya adalah komputer akan menampilkan ptogram terakhir yang kita buka saat komputer dimatikan.Contoh, waktu mematikan komputer melalui Hibernate, program yang sedang dibuka Jet Audio. Dan pada saat komputer dinyalakan kembali, program Jet Audio tersebut masih terbuka, Enak kan?
Cara mengaktifkan fasilitas Hibernate adalah sebagai berikut:
>> Klik kanan di desktop lalu pilih Properties
>> Klik tab Screen Saver kemudian klik tombol Power
>> Klik tab Hibernate. Beri tanda ceklis pada pilihan Enable hibernation. Jika sudah, klik OK
Pada saat mematikan komputer, klik Start - Turn Off Computer(Alt+F4). Setelah kotak muncul, tekan tombol Shift. Perhatikan gambar dengan tulisan Stand by akan berubah menjadi Hibernate. Klik tombol tersebut dan komputer pun akan mati lebih cepat. Saat kita menyalakan komputer kembali, proses booting pun akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar